Akankah Amazon Mengalahkan Apple Menjadi Pukulan Streaming Musik Hi-Res?

Saya telah memperkirakan untuk beberapa waktu bahwa salah satu layanan streaming dan download lagu nya utama akan mulai menawarkan musik dengan resolusi lebih tinggi, jika bukan karena alasan lain selain diferensiasi merek. Siapa yang mengira bahwa layanan untuk melakukan langkah pertama adalah Amazon?

Sebuah posting baru-baru ini dari Music Business Worldwide menyatakan bahwa Amazon sedang dalam pembicaraan aktif dengan label rekaman untuk perjanjian lisensi untuk materi musik berkualitas lebih baik dari CD, dan yang satu (masih belum disebutkan namanya) ada di atas kapal.

Apa yang membuat rumor ini lebih baik adalah bahwa tier musik hi-def Amazon baru yang diusulkan dilaporkan akan tersedia seharga $ 15 sebulan, yang lebih murah daripada apa yang menjadi standar $ 19,99 per bulan dari Tidal, Deezer dan entri terbaru ke lapangan, Qobuz . Qobuz melangkah lebih jauh dengan menawarkan tier “Studio” $ 24,99 per bulan yang menawarkan materi yang dikodekan FLAC 24 bit / hingga 192kHz juga.

Kejutan terbesar dalam semua ini adalah bahwa Apple bukan yang pertama di pasar musik hi-res, mengingat telah menelan hampir semua hal di perpustakaannya pada 24 bit dan hingga 96kHz sejak 2011. Secara teknis orang akan berpikir bahwa itu akan relatif mudah bagi perusahaan untuk menyalakan keran dengan audio beresolusi lebih tinggi di Apple Music, baik pada tier berbayar saat ini atau dengan penawaran baru yang lebih mahal.

Tentu saja, perusahaan tidak bisa begitu saja tanpa izin dari pemegang hak, dan kabar mengatakan bahwa label telah menolak sejauh ini. Fakta bahwa Amazon membuat kemajuan dalam hal ini mungkin berarti bahwa ia menawarkan sesuatu yang bukan Apple.