Ketahui 4 Jenis Bahan Kaos Konveksi!

Memulai sebuah usaha pembuatan kaos tentunya harus mengetahui jenis bahan kaos konveksi. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan kualitas kaos yang akan diperjualbelikan. Tentu saja Anda tidak mungkin menjual kaos yang memiliki kualitas buruk, karena akan membuat konsumen merasa dikecewakan.

Berikut beberapa jenis bahan kaos konveksi:

  • Katun Combed

Jenis bahan satu ini sangat mudah ditemukan pada usaha garment Surabaya. Pada dasarnya latin combed terbuat dari serat murni 100%. Karakteristiknya yang lembut, dingin, dan mampu menyerap keringat cocok untuk daerah tropis.

Serat yang dimilikinya sangat halus, sehingga ketika dibuat pakaian akan memberikan tampilan yang rapi. Ada tiga jenis varian dari katun combed, yakni combed 20s, 24s, dan 30s. Di antara ketiganya, katun combed 20s merupakan jenis yang paling sering dipakai. Selain harganya yang murah, katun combed 20s sangat nyaman pada saat dikenakan.

Ketahui 4 Jenis Bahan Kaos Konveksi!
Ketahui 4 Jenis Bahan Kaos Konveksi!
  • Cardet

Kain cardet memiliki serta benang yang kurang halus jika dibandingkan dengan katun combed. Itu sebabnya pakaian yang dihasilkan dari kain satu ini agak sedikit kasar dan tidak rata.

Namun, bukan berarti kain satu ini tidak bisa dipakai untuk membuat pakaian. Biasanya cardet sering dipergunakan sebagai bahan baku konveksi seragam sekolah, baju olahraga atau untuk kaos para pekerja pabrik.

  • Polyester

Bahan satu ini dapat digolongkan ke dalam jenis bahan kaos yang menggunakan serat sintetis. Kain ini dibuat dari bahan ester, yakni hasil sampingan yang didapatkan dari minyak bumi. Karakteristik kain ini adalah sedikit kaku, seratnya jarang, dan terasa panas saat dikenakan.

  • Teteron Cotton

Katun satu ini merupakan percampuran antara katun dan polyester. Dengan persentasenya 35% katun combed dan 65% polyester. Ketika dipakai kain ini akan terasa panas lantaran tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Namun, bukan berarti kain ini tidak memiliki kelebihan. Tidak mudah melar dan kusut menjadi nilai plus kain teteron cotton ini.

Itulah empat jenis bahan kaos konveksi yang paling sering dipergunakan. Semua jenis kain tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semoga bermanfaat.