Cara Mendeteksi Kesehatan Melalui Jari dan Tangan Bagian 2

Garis telapak tangan mendatar

http://sat-jakarta.com/ – Telapak tangan manusia pada umumnya memiliki 3—4 garis ta ngan yang menyilang. Namun ada kalanya hanya terdapat 1 garis mendatar dari tepi kanan ke kiri. Garis tangan seperti ini disebut simian crease/simian line. Kelainan ini kerap ditemukan pada anak Down syndrome, fetal alcohol syndrome, Rubella syndrome, dan sebagainya. Garis tangan yang mendatar ini sendiri tidak menjadi masalah, namun bila merupakan salah satu pertanda dari kelainan bawaan, perlu ditelusuri kelainan apa saja yang dapat menyebabkan masalah tumbuh kembang.

Salah satu yang paling dikhawatirkan adanya hipotirodisme pada penderita Down syndrome, yang perlu ditangani segera. Meskipun demikian, ternyata 1 dari 30 orang normal memiliki garis tangan seperti ini, tanpa ada kelainan apa-apa. Contoh yang cukup terkenal adalah aktor Robert De Niro dan mantan perdana menteri Inggris, Tony Blair, yang dikatakan memiliki telapak tangan dengan simian crease.

Bintil-bintil merah di telapak tangan

Gejala munculnya bintil-bintil merah di telapak tangan dengan ukuran diameter 1—2 mm dapat saja merupakan gejala penyakit Hand-Foot-and Mouth Disease (HFMD) yang disebabkan virus dari kelompok enterovirus. Bintil-bintil ini juga akan ditemukan di telapak kaki dan di sekitar mulut. Bintil yang terjadi tidak berisi cairan, namun berwarna merah terang, dan tidak gatal. Anak juga mengalami demam dan cenderung tidak mau makan atau minum karena rasa nyeri di tenggorokan. Penyakit ini cukup sering ditemukan pada anak dan jarang pada dewasa.

Repotnya, penyakit ini sangat menular sehingga tidak jarang bebera pa anak terkena sekaligus dalam waktu berurutan. Penyakit ini sebenarnya sebagian besar hanya memerlukan obat penurun demam/pereda nyeri dan nantinya akan sembuh sendiri dalam waktu 5—7 hari. Entah bagaimana, meskipun tidak ada kaitan dengan gejala flu dan tidak dari Singapura, penyakit ini kerap dijuluki oleh awam sebagai “flu singapura”.

Kemerahan pada telapak tangan

Warna telapak tangan yang lebih merah dari biasanya atau dibanding orang lain, juga dapat merupakan tanda suatu penyakit. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut eritema palmaris. Meskipun dapat ditemukan pada sebagian orang normal, telapak tangan yang berwarna kemerahan merupakan salah satu tanda dari beberapa kelainan, misalnya ke lainan hati yang bersifat kronik, penyakit autoimun, kelainan darah (contoh: polisitemia), akibat efek samping obat tertentu, efek fisiologis kehamilan, dan sebagainya.

Salah satu penyakit autoimun yang dapat terjadi pada anak dan berbahaya adalah penyakit Kawasaki. Pada penyakit ini, terjadi demam dan inflamasi (peradangan) yang ditandai kemerahan pada mata, mulut, lidah, dan bibir, serta tangan. Khusus pada tangan, dapat disertai dengan gejala kulit yang agak mengelupas.