Tips Ternak Ayam Untuk Pemula

Tips Ternak Ayam – Rutinitas langkah ternak ayam tradisionil di perkampungan biasanya ialah peternak membuat kandang seadanya, memberikan pakan juga seadanya serta sesudah itu membiarkan ayam-ayamnya berkeliaran bebas. Kelak, demikian sore mendekati matahari tenggelam, ayam-ayam itu pulang kandang.

Rutinitas semacam itu, serupa seperti dikerjakan oleh petani padi bernama Agus Sukirman. Tiap-tiap pagi setelah subuh, dia memberikan makan ayam Bangkoknya di kandang seluas 2 x 3 mtr..

Makanan yang dia sediakan berbentuk kombinasi dedak serta nasi atau sayuran bekas dapur untuk seputar 25 ekor ayamnya. Termasuk juga salah satunya 4 indukan betina serta 1 ekor jantan. Yang lain anak-anak ayam umur 4 – 7 bulan. Sesudah itu, ayam-ayam dia terlepas bebas untuk mencari makan sendiri di pekarangan.

Untuk dapat sukses dalam beternak ayam kampung, ada banyak segi yang perlu dikuasai, yaitu proses produksi serta pemasaran. Dalam proses produksi, ada banyak point terpenting yang perlu dipikirkan, yakni penyediaan bibit/anak ayam, skema perkandangan serta perawatan.

Lalu untuk pemasaran, juga penting memperhitungkan skema pemasaran serta bentuk akhir produk yang akan di pasarkan. Mari kita urai satu per satu Tips Ternak Ayam Untuk Pemula dibawah ini.

Tips Ternak Ayam

Tips Ternak Ayam
Tips Ternak Ayam

Penyediaan Bibit/Anak Ayam

Untuk peternakan yang efisien, anak ayam dapat diperoleh dengan beli DOC (Day Old Chicken) / anak ayam yang baru menetas. Langkah lainnya dengan menetaskan sendiri memakai mesin penetas.

Bila pilihannya ialah beli DOC ayam kampung, pikirkan jumlahnya yang akan anda beli dengan luasan kandang pembesaran yang anda miliki. Janganlah lupa juga pikirkan segi modal sebab ini terkait dengan berbelanja pakan. Langkah tersebut lebih efisien daripada menetaskan sendiri.

Untuk menetaskan sendiri, bermakna lebih dulu anda mesti memiliki telur. Ini dapat diperoleh dari induk ayam betina yang anda miliki atau beli dari peternak lainnya.

Kekurangan langkah tersebut ialah, anda akan disibukkan dengan masalah penyediaan telur dalam jumlahnya spesifik serta mesti mempunyai mesin penetas telur. Di luar pilihan beli DOC atau menetaskan telur sendiri, yang butuh anda pikirkan pun ialah penentuan type bibit anaknya ayamnya.

Sebab anak ayam saat ini ada bermacam type, dari mulai ayam Jawa Super (Joper) sampai ayam kampung biasa. Ayam Joper diklaim miliki kualitas perkembangan yang baik sebab bertambah cepat besar. Ayam kampung biasa, pun miliki pasar yang bagus sebab telah terkenal oleh penduduk.

Pengadaan anakan ayam dalam jumlah besar tentunya anda membutuhkan modal banyak, maka dari itu anda perlu sekali membutuhkan suntikan dana. Ada rekomendasi aplikasi pinjaman uang online ojk yang ada di Dutaperbankan, dengan proses mudah dan cepat cair. Anda bisa coba mengajukannya disitu.

Perawatan/Pembesaran

Dalam perawatan ini, peternak mesti mempersiapkan pakan ternak berkualitas baik serta obat-obatan alami atau obat kimia.

Untuk mendesak cost produksi, anda menjadi peternak pemula harus mempersiapkan pakan ternak alami, seperti dedak serta sayuran seperti daun pepaya atau daun lamtoro yang telah umum digunakan peternak sebab kandungan nutrisi serta zat lainnya yang bermanfaat buat kesehatan ayam.

Pemberian pakan dikasihkan 3 kali satu hari dengan formasi pakan dari pabrik (voor) serta pakan alternative seperti dedak serta sayuran menjadi kombinasi. Pakan kombinasi ini biasa dikasihkan saat ayam telah berumur 2 – 3 bulan ke atas. Semestinya, untuk umur 1 – 21 hari dikasihkan murni pakan dari pabrikan untuk meningkatkan perkembangan yang sehat dari anak ayam.

Berkait dengan penyediaan obat-obatan menjadi pilihan bila ayam sakit, langkah terunggul untuk mendesak angka kematian dengan tetap mengawasi kebersihan kandang.

Pemasaran

Sisi akhir yang mendukung keberhasilan anda pada beternak ayam kampung ialah pemasaran. Untuk peternakan tadisional, peternak umumnya jual langsung ayamnya ke pasar atau ke pedagang ayam keliling.

Cara tersebut kurang menguntungkan, terpenting bila menjualnya ke pedagang keliling atau penadah sebab penadah pun harus mendapatkan untung jualan.

Sekian dulu pembahasan Tips Ternak Ayam Untuk Pemula, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari peluang usaha ternak ayam.